nama nama neraka dan artinya
nama nama neraka dan artinya

Ternyata Inilah 7 Nama Nama Neraka dan Artinya yang Disebutkan Didalam Al-Qur’an

Posted on

Dari 7 nama nama neraka dan artinya kira-kira sudah berapa yang kamu tahu? Paling 3 atau 4 kan? Neraka Jahanam, neraka Hawiyah, neraka Saqor. Udah itu aja, yakaaaaan? hahaha

Jangan khawatir tentang nama nama neraka dan artinya, disini mimin setelah posting nama nama surga dan penghuninya, sekarang mimin selaku pemilik dan penulis BangunTidur.com mau membahas tentang 7 nama nama neraka dan artinya.

Nama Nama Neraka dan Artinya

Ada 7 nama neraka di dalam Al-Qur’an yang harus kamu pelajari ilmunya. Mempelajari nama nama neraka dan artinya ini juga termasuk mempelajari Al-Qur’an loh, jadi ayo simak yuk. 🙂

1. Neraka Jahannam

Neraka Jahannam adalah ancaman bagi para orang-orang pengikut syaithon, juga yang sampai akhir hayatnya. Mereka yang menjadi pengikut Syaithon sampai akhir hayatnya sudah jelas akan dimasukkan ke neraka Jahannam, dan neraka ini adalah seburuk-buruknya tempat kembali.

“Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya” (QS. Al-Hijr: 43)

“Dan orang-orang yang kafir kepada Rabbnya, memperoleh azab Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali” (QS. Al Mulk: 6)

Orang-orang yang berbuat dosa di dunia dan enggan bertaubat, sebaiknya segera bertaubat karena jika nggak bertaubat bisa jadi neraka Jahannam ini menjadi tujuanmu (Naudzubillah), maka dari itu hindarilah perbuatan Syaithon

2. Neraka Sa’ir

Neraka ini diperuntukkan bagi orang-orang yang enggan mengeluarkan zakat, atau mengeluarkan zakat tidak sesuai batas minimalnya. Nggak semua harta kita itu hak kita semua, maka dari itu diadakan zakat bagi yang mampu, kita harus membersihkan harta kita dan mengeluarkan harta yang bukan menjadi hak kita.

Orang yang enggan melakukan zakat sama aja dengan mereka memakan harta anak yatim, dan jangan sampai ini terjadi karena akan dimasukka ke neraka Sa’ir.

“Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya. Dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam api yang menyala-nyala(neraka)“ (QS. An-Nisa: 10)

3. Neraka Ladhoh, Luza

Disampaikan dalam Al-Qur’an, bahwa sudah jelas siapa penghuni neraka ini, merekalah yang memiliki kriteria sebagai berikut:

“Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak, Yang mengelupaskan kulit kepala, Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama). Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya” (QS. Al-Ma’arij: 15-18)

4. Neraka Huthomah

Mereka yang suka mengumpat atau mencela dan menjelek-jelekkan, akan masuk ke neraka Huthomah, juga bagi orang yang suka mengumpulkan dan menghitung-hitung hartanya karena dia mengira bahwa harta itu bisa membuatnya kekal? Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an, “… Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah …“.

Neraka yang sangat mengerikan ini saking panasnya bahkan akan membakar sampai ke hati. Dan bagi para pelaku perbuatan diatas, mereka akan diikat di tiang-tiang panjang di neraka ini.

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang” (QS. Al-Humazah: 1-9)

5. Neraka Saqor

Ada beberapa kriteria untuk neraka Saqar ini, yang pertama adalah orang-orang yang nggak mengerjakan sholat. Gimana bisa nggak ngerjakan sholat sedangkan sholat itu adalah tiang agama, sholat juga termasuk dalam rukun Islam. Berarti kalo nggak sholat gimana dong? Yaa dia agamanya bukan Islam berarti, maka dari itu dia dimasukkan ke neraka Saqar.

Yang kedua adalah tidak memberi makan orang miskin, kenapa begitu? Kan ini uang-uang kita, kita dapet juga dari usaha kita? Bukan begitu, semua uangmu dan rezekimu itu diberi oleh Allah. Ada hak-hak yang bukan milik kita di harta kita, maka dari itu berilah makan orang-orang miskin.

Percayalah bahwa semakin banyak memberi, maka kita akan semakin kaya karena Allah yang akan mengganti, dan Allah nggak pernah adil dalam mengganti kebaikan, selalu kita mendapatkan yang lebih banyak.

Yang ketiga adalah membicarakan bathil, memang sedari awal ini adalah hal yang nggak boleh dilakukan, jadi baiknya kita nggak melakukan ini. 🙂

Yang keempat adalah mendustakan hari pembalasan, kita harus percaya pada hari pembalasan, jangan sampai berdusta karena itu adalah salah satu ciri-ciri orang yang masuk neraka Saqar. Seperti yang disampaikan di ayat berikut:

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab,”Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan” (QS. Al-Mudatsir: 42-46)

nama nama neraka dan penghuninya
nama nama neraka dan penghuninya

6. Neraka Jahim

Laa Ilaaha Illallah, tiada tuhan selain Allah. Itu adalah salah satu bagian dari syahadat, salah satu rukun Islam. Apa maksutnyaa? Bahwa nggak ada yang disembah selain Allah.

Neraka Jahim adalah tempatnya orang orang yang sesat, mereka yang menyekutukan Allah maka akan dimasukkan ke neraka Jahim bersama bala tentara Iblis. Seperti berhala dan patung yang disembah, jangankan menolongmu, menolong diri sendiri saja mereka nggak bisa. Seperti yang disebutkan di dalam Al-Qur’an:

“Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat; Dan dikatakan kepada mereka: “Di manakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah (nya); Selain Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?; Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat; Dan bala tentara iblis semuanya” (QS. Asy-Syu’araa: 91-95)

7. Neraka Hawiyah

Di akhirat nanti setiap amal perbuatan kita yang telah terjadi di dunia, akan ditimbang. Dan (Naudzubillah) jika ternyata amal kebaikanmu lebih ringan daripada amal burukmu, maka di neraka hawiyah lah tempat orang-orang seperti itu.

Disebutkan juga di dalam Al-Qur’an bahwa neraka Hawiyah ini memiliki api yang sangat panas. Entah panasnya berapa kali lipat panas api di bumi, yang jelas kalau sudah disebutkan di dalam Al-Qur’an bahwa api ini sangat panas, maka api neraka Hawiyah ini bener-bener panas.

“Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas” (QS. Al-Qoriah: 8-11)

Akhir Kata

Selalu beriman kepada Allah dan Rasul akan menjaga kita dari panasnya api neraka, maka dari itu marilah kita senantiasa memperbanyak ibadah kita, meng-Khusyu’kan sholat kita serta lebih mendekatkan diri pada Allah.

Sekian dari mimin, akhir kata jika ada yang ingin dibahas atau ditanyakan tentang nama nama neraka dan artinya, bisa kok disampaikan di kolom komentar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.