nama nama surga dan artinya
nama nama surga dan artinya

Surga Ternyata Bukan Hanya 1, Tapi Ada 8 ! Baca Nih 8 Nama Nama Surga dan Artinya Serta Orang yang Menjadi Penghuninya

Posted on

BangunTidur.com – Kira-kira dari 8 nama nama surga dan artinya itu, berapa yang sudah kamu tahu? paling cuman 1 kan, surga firdaus aja, itupun nggak tau artinya (hahaha). Jadi sebenernya surga itu punya 8 nama nama dan artinya yang indah.

Kebetulan banget mimin tadi lagi mikir tentang topik ini, jadi kali ini mimin mau sharing tentang 8 nama nama surga dan artinya, simak aja yuk. 🙂

Nama Nama Surga dan Artinya

Mengetahui tentang nama nama surga dan artinya termasuk salah satu hal yang harus kita pelajari loh dalam islam, jadi ilmu ini termasuk penting. Mau tahu kan?

1. Surga Firdaus

Tentunya kamu pernah denger nama ini kan? Surga yang tertinggi atau surga Firdaus adalah surga akan ditempati orang-orang yang taat dan beriman juga beramal sholeh. Surga tertinggi ini dimiliki orang yang sangat bersungguh-sungguh dalam keislamannya.

Mencapai surga itu butuh usaha, jadi segera lakukan mulai sekarang tanpa tapi tanpa nanti, segera luruskan niatmu. Jadikan surga firdaus adalah suatu tujuan hidupmu dan menjadi tempat tinggalmu kelak di akhirat nanti, mimin kasih semangat nih. 😀

Allah SWT. berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal“ (QS. Al-Kahfi: 107)

Dan orang orang yang memelihara sholat. Mereka itu adalah orang orang yang akan mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya” (QS. Al Mu’minuun: 9-11)

2. Surga Maqoomul Amin

Salah satu dari 8 surga yang tidak bisa ditempati oleh sembarang orang, hanya orang yang paling bertaqwa. Capailah tingkat ketaqwa’an tertinggi untuk mendapatkan surga ini.

Butuh effort yang besar untuk mencapai surga ini, jadi seriuskanlah dan luruskan niatmu untuk mencapai surga ini .:)

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman“ (QS. Ad-Dukhan: 51)

3. Surga Ma’wa

Musuh terbesar dari manusia adalah diri mereka sendiri. Kebanyakan manusia tidak bisa menahan hawa nafsunya dan terbawa oleh hawa nafsu mereka.

Siapakah orang yang kuat? Orang yang kuat ialah orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu mereka sendiri, mereka mampu menekan hawa nafsunya sampai dengan batas normal dan menjadi orang yang taat dan beriman kepada Allah.

Maka dari itu diberikanlah surga Ma’wa ini untuk orang-orang yang takut kepada Allah dan dapat menahan diri terhadap keinginan hawa nafsunya. Seperti yang disebutkan di surah An-Nazi’at ayat 40 sampai dengan ayat 41:

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)“ (QS. An-Nazi’at: 40-41)

nama nama surga dan penghuninya
nama nama surga dan penghuninya

4. Surga Na’im

Bertaqwa dan berimanlah kamu, karena dengan melakukan itu dan mengerjakan amal soleh, maka tempatmu ada di surga Na’im. Pantaskanlah dirimu untuk mencapai surga ini, bahkan sampai disebutkan 2 kali di dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan“ (QS. Luqman: 8)

Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, bagi mereka bakal mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan” (QS. Al Hajj: 56)

5. Surga Khuldi

Apa-apa yang boleh dan apa-apa yang tidak boleh untuk dilakukan itu sudah jelas disebutkan didalam Al-Qur’an dan Hadits. Jadi jangan sembarangan bermain dengan hukum Islam.

Patuhilah perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya dan maka kamu akan layak untuk menempatkan dirimu di surga ini.

“Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau Surga yang kekal yang Telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?” dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?” (QS. Al Furqon: 15)

6. Surga Daarul Muqomah

Kebanyakan orang kurang merasa bersyukur, mereka merasa apa yang mereka dapatkan hanyalah berasal dari usaha mereka sendiri. Mereka berpikir hanya dengan bekerja lebih keras bisa menambah rizki mereka secara drastis, padahal nggak.

Allah lah yang maha memberi, semakin kita bersyukur maka akan semakin dilimpahkan rezeki kita. Bukan hanya itu, Allah juga memberikan surga ini untuk orang yang senantiasa bersyukur. Surga, tempat dimana kita akan hidup kekal selamanya tanpa akan merasa lapar dan haus. Tempat yang lebih indah dari yang paling indah, siapa sih yang nggak mau?

Dan mereka berkata, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Rabb kami benar benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga), di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu” (QS. Fathir: 34-35)

7. Surga ‘Adn

Tempatnya orang-orang yang mendirikan sabar dan sholat sebagai penolong dan suka bersedekah berbagi rezeki yang telah diberikan oleh Allah.

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi ataupun terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya“ (QS. Ar-Ra’d: 22-23)

“(yaitu) Surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa“ (QS. An-Nahl: 31)

Mau mendapatkan surga ‘Adn? Mudah aja kok, lakukan aja seperti ayat diatas, jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu dan tolaklah keburukan yang jelas. Sering-seringlah membaca al’qur’an dan mendekatkan diri kepada Allah.

8. Surga Darussalam

Diperuntukkan bagi orang-orang yang kuat imannya. Bagaimana cara kita memperkuat iman kita? Salah satunya adalah dengan memperbanyak berdzikir, mempelajari Islam dengan benar, mempelajari Al-Qur’an dengan benar serta selalu mengingat Allah.

Mempelajari Al-Qur’an bukan hanya dengan membaca, tapi juga dengan benar benar memahaminya dan mengajarkan kepada orang lain. Kita bisa mendirikan sekolah islami atau kalau belum mampu mari kita biasakan untuk ber sedekah dan berinfak. Menjalankan semua kewajiban dan meninggalkan semua larangan-Nya.

“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan“ (QS. Al-An’am: 127)

Dan Allah menyeru manusia ke Darussalam yaitu surga dan memimpin orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus” (QS. Yunus: 25)

Nama Nama Surga dan Penghuninya

Semua Surga hanya dihuni oleh orang-orang sholeh dan beriman, nggak bisa dicapai oleh orang yang nggak sholeh. Jadi tunggu apalagi? Kamu nggak tau kapan hidupmu akan berakhir, jadi ayo segera pesen tempat di surga, pesen rumahmu di surga, berikan yang terbaik untuk kehidupan kekal nanti di akhirat. 🙂

Terakhir …

Gimana menurut pendapatmu tentang 8 nama nama surga dan artinya diatas? Seru kan? Mencapai surga ternyata butuh usaha yang nggak kecil, kita di dunia hanya hidup sebentar, jadi ayo luruskan niatmu dan capai surga terbaikmu. 🙂 Bukan hanya surga, tapi neraka juga memiliki nama dan arti loh, baca yuk di 8 nama nama neraka dan artinya.

Kalau ada yang mau dibahas atau dibicarakan atau ditanyakan atau terserah mau ngapain, sampaikan aja di kolom komentar, nanti mimin baka usahain jawab kok 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.