daftar pekerjaan rumah tangga
daftar pekerjaan rumah tangga

Inilah 3 Cara Asyik Menyelesaikan Daftar Pekerjaan Rumah Tangga!

Posted on

Banguntidur.com – Pekerjaan rumah merupakan kegiatan yang menguras waktu dan tenaga. Namun, bagaimanapun juga pekerjaan rumah tersebut haruslah dikerjakan agar rumah terasa nyaman dan keluarga juga dapat mengisi waktu luang dengan adanya pekerjaan rumah. Banyak yang perlu dikerjakan membuat daftar pekerjaan rumah tangga membuat pusing kepala.

Tapi, perlu di garis bawahi bahwa daftar pekerjaan rumah bisa sangat mengasyikan asalkan kita mengetahui caranya. Tenang saja, mimin tahu bagaimana caranya kok. Ini dia beberapa cara agar daftar pekerjaan rumah tangga terasa asyik untuk dikerjakan:

Dikerjakan Sambil Dengerin Podcast dan Audiobook

kegiatan membersihkan rumah tangga
mengerjakan pekerjaan rumah tangga sambil mendengarkan lagu

Podcast merupakan episode program di intenet, bisa audio dan video. Tema-tema menarik seperti program acara, pertunjukan, kuliah, dan lain sebagainya dihadirkan untuk menghibur masyarakat. Podcast juga dapat memberikan informasi mengenai pendapat dari orang-orang terkemuka mengenai suatu peristiwa. Dengan begitu saat membersihkan sudut-sudut rumah, ataupun merapikan pakaian bisa sekaligus dapet informasi yang bisa membuka wawasan!

Selain itu, Audiobook juga bisa jadi pilihan untuk didengarkan. Audiobook ialah hasil kecanggihan teknologi saat ini. Novel ataupun cerita-cerita lainnya dapat kita dengarkan, bukan kita baca saja. Kisah cerita dalam Audiobook baik fiksi atau non-fiksi disajikan dengan intonasi sesuai dengan alur cerita. Sehingga menambah kesan dramatis dalam unsur ceita. Sambil menyelam minum air, mendengarkan Podcast ataupun Audiobook sekaligus melakukan daftar pekerjaan rumah tangga, kalau bisa multitasking kenapa nggak? Apalagi didukung dengan manajemen waktu IRT yang baik.

Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Sebagai Wahana Anak-anak?

kerja rumah tangga bersama anak
kerja rumah tangga bersama anak

Anak-anak senang mengeksplor segala sesuatu dan anak-anak juga senang meniru apa yang orang terdekat lakukan. Orang tua menjadi panutan anak-anaknya dan sangat perlu mencontohkan kebiasaan baik agar anak-anak tumbuh dengan kebiasaan yang baik pula.

Beberapa orang tua masih membedakan antara pekerjaan untuk anak laki-lakinya dan anak perempuannya. Padahal, saat dewasa kelak akan ada masanya mereka akan merantau dan tinggal disebuah asrama atau kos-an yang jauh dari pandangan orang tua. Maka penting sekali membekali anak-anak sejak dini mengenai pentingnya mengerjakan daftar pekerjaan rumah tangga.

Tentu saja pekerjaan rumah dapat dilakukan sesuai dengan usia mereka. Semakin bertambah umur, maka tugas yang perlu dituntaskan lebih banyak. Pelajaran mengenai daftar pekerjaan rumah tangga ini merupakan pelajaran yang tidak didapatkan di sekolah, tapi sangat bermanfaat untuk menumbuhkan sikap mandiri dalam diri anak.

Daftar pekerjaan rumah tangga untuk anak dapat dikategorikan dengan skala waktu seperti harian, mingguan, dan bulanan. Untuk anak-anak, dapat memulai dengan merapikan tempat tidurnya sendiri, membersihkan kamar atau ruang belajarnya sendiri, mengunci pintu saat hendak keluar rumah, dan lain sebagainya.

Saat orang tua berbelanja, anak dapat membantu membawakan barang belanjaan ataupun membantu ayah untuk mencuci mobil. Hal kecil seperti membersihkan perlengkapan sekolahnya sendiri juga perlu diajarkan agar anak mengerti pentingnya peralatan sekolah seperti mengajarkan anak mencuci sepatu dan tas sekolahnya sendiri agar nyaman untuk digunakan.

Semakin dewasa, pengetahuan anak semakin luas. Seperti pengetahuan mengelola keuangan, pergi membeli barang kebutuhan bersama teman, hingga belajar menyalakan kompor agar apat menyediakan makan sendiri. Saat orang tua mengerjakan daftar pekerjaan rumah tangga, anak-anak dapat sekaligus membantu pekerjaan sehingga dalam keluarga tertanam jiwa bahu-membahu untuk peduli orang disekitar. Orang tua dan anak juga dapat mendekatkan diri dengan mengetahui cara mereka menyelesaikan pekerjaan rumah dan pendapat anak mengenai daftar pekerjaan rumah tangga yang memang harus dikerjakan secara mandiri.

Pekerjaan rumah juga bisa didiskusikan antara kakak dengan adik sehingga mereka memahami pentingnya gotong-royong dan timbal-balik agar terampil dalam kerja tim dan belajar bagaimana mengelola jiwa kepemimpinannya. Dengan begitu, anak-anak akan terlatih membangun hubungan yang baik antar teman dan mengemban pekerjaan dengan penuh tanggung jawab.

Berolahraga Sambil Menyelesaikan Daftar Pekerjaan Rumah Tangga!

Daftar pekerjaan rumah tangga yang banyak, dapat kita buat sebagai waktu kita untuk berolahraga. Kita dapat menanamkan dalam pikiran kita bahwa pekerjaan rumah dapat membantu kita bergerak cukup banyak dan mengeluarkan keringat, membuat tubuh sehat dan segar. Mengepel lantai membutuhkan tenaga untuk mengangkan air, memeras kain pel, dan mendorong pel ke lantai yang kotor. Aktivitas tersebut membantu kita mengeluarkan tenaga yang cukup besar, belum lagi kalau rumah sangat luas, maka perlu tenaga ekstra untuk membersihkannya. Begitu juga dengan menata perabotan rumah atau peralatan-peralatan di dalam rumah, kegiatan mengangkat perabotan terasa seperti olahraga mengangkat barbel. Tapi, jangan khawatir, karena melaksanakan daftar pekerjaan rumah tangga secara rutin dapat membantu tubuh berolahraga secara rutin juga. Selain itu, rumah senantiasa nyaman untuk dipijaki, juga terlihat apik dan terawat.

Itulah beberapa cara dari mimin, agar daftar pekerjaan rumah tangga terasa mengasyikan dan lebih ringan untuk diselesaikan. Rumah adalah tempat keluarga berkumpul dan tumbuh, sehingga perlu untuk kita jaga agar kebersihan tetap utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.