fikom uc
fikom uc

Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra, Bagus Apa Nggak Sebenernya?

Posted on

Halo temen-temen, disini mimin BangunTidur.com mau sedikit cerita dan review nih tentang jurusan dan fakultas baru di salah satu universitas swasta ternama di Surabaya, Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra.

Disini mimin bakal cerita sedikit tentang gimana mimin bisa sampe jadi salah satu Mahasiswa di Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra ini. Oke jadi mimin ini lulusan SMA tahun 2017. Tapi setelah itu nggak langsung kuliah, mimin kosong dulu satu tahun ikut kerja di bisnis orangtua dan mondok selama kurang lebih 3 bulan. Akhirnya sampailah pada tahun 2018 dimana akhirnya terjadi permusyawarahan keluarga dimana akhirnya mimin memutuskan untuk berkuliah.

Masuklah mimin ke Universitas Ciputra pada tahun 2018, sebenernya pertama mimin mau masuk ke jurusan IBM, International Bussiness Management. Tapi akhirnya mimin memutuskan untuk masuk ke jurusan MCM (Marketing Communication Universitas Ciputra), loh kok bukan Ilmu Komunikasi? Iyaa mimin juga heran, karena pas masuk itu tulisannya MCM bukan Ilkom, mimin daftar ke Universitas Ciputra ini tahun 2017 akhir. Setelah melewati beberapa proses pun, mimin akhirnya keterima di Marketing Communication Universitas Ciputra, mimin dapet E-mail penerimaan kaya gini,

Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra

Selang beberapa minggu kemudian, mulailah kegiatan Oweek di Universitas Ciputra, apa itu Oweek? Itu singkatan dari Orientation Week hehe. Disinilah mimin baru tahu kalau MCM itu sudah berubah jadi Ilmu Komunikasi di UC ini. Bukan hanya namanya, MCM yang awalnya ikut Fakultas Manajemen Bisnis ini sekarang berubah menjadi Ilmu Komunikasi yang berdiri dengan fakultas sendiri, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM). Apa cuman namanya aja yang berubah? Nggak juga, di Ilkom UC ini hampir nggak ada hitung-hitungannya sama sekali, padahal di MCM dulu mimin nyari ilmu komunikasi yang sekaligus bisnis juga sekaligus ada hitung-hitungannya kaya budgeting atau accounting gitu.

Pertama masuk saat pelajaran di situ mimin ngerasa nggak sreg, soalnya Ilkom ini lebih cenderung ke Intrapreneur bukan ke Entrepreneur. Sampai mimin mikir saat itu, ‘mau pindah jurusan ke IBM atau mau pindah kuliah ya?’. Tapi yaudahlah, mimin mencoba nggak ngambil keputusan terlalu cepat, akhirnya nyoba lah satu semester di Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra ini. Awalnya mimin emang bener-bener ngerasa ‘dapet apa coba di Ilkom ini’, soalnya bener-bener nggak cocok, apalagi kuliahnya santai banget kalau dibandingin jurusan lain.

Tapi memang di Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra ini kita bener-bener belajar tentang komunikasi, murni komunikasi. Mimin dapet pelajaran tentang Entrepreneur itu di semester 1, kalo nggak salah cuma 3 SKS, sisanya matkul komunikasi semua. Untuk maksimal SKSnya yang boleh diambil, mimin sampai semester 2 ini masih dapet paket yang isinya 18 SKS, jadi pada saat KRS itu cuma milih jam kuliahnya aja, nggak milih mata kuliahnya.

Kalo bisa dibilang asik sih asik kuliah di Ilkom CIputra, kuliahnya isinya cuma ngedengerin, ngomong, sama nulis. Tugasnya banyak projeknya, UAS Semester 1 aja projek semua, jadi bener-bener ilmunya itu langsung siap dipake.

Saat mengakhiri semester 1 di Ilkom Ciputra, mimin mulai bisa menyimpulkan sesuatu, bahwa ternyata kuliah itu jangan sekedar cari ilmu cuy, kalo cuma ilmu mah dimana-mana bisa didapetin, di internet banyak banget, nggaperlu susah-susah kuliah kalo cuma cari ilmu. Pas kuliah mimin sadar bahwa disitu kita bakal ketemu banyak orang, kita bakal punya banyak koneksi, apalagi didukung UKM di UC ini.

Gitu deh cerita singkatnya di UC ini, kesimpulannya adalah pertama kuliah di Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra ini memang untuk orang yang bener-bener akan terjun di dunia komunikasi, mungkin bakal jadi PR, atau MC atau apapun yang berhubungan dengan komunikasi. Awalnya mimin agak kecewa karena ini bukan MCM lagi, tapi yaudahlah nikmatin aja perjalanannya 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published.