manajemen waktu ibu rumah tangga
manajemen waktu ibu rumah tangga

3 Tips Jitu Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga Ini Mudah banget!

Posted on

Banguntidur.com – Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah perkara mudah, membutuhkan manajemen waktu ibu rumah tangga yang baik. Banyak sekali kewajiban yang harus di emban dalam rutinitas sehari-hari. Masing-masing ibu rumah tangga selalu memiliki jam terbang yang berbeda-beda mengikuti alur kerja suami dan anak-anaknya.

Ada yang memiliki si kecil yang suka bangun tengah malam, mengharuskan sang ibu terjaga dan paginya bekerja. Jika tak dibantu oleh asisten rumah tangga, maka segala keperluan rumah dan suami, di pegang oleh ibu.

Dengan segudang pekerjaan, ibu juga biasanya selalu senang untuk meluangkan waktu sesaat merawat diri dan me-time alias waktu senggang sendiri untuk mengistirahatkan pikiran dari penatnya aktivitas. Kali ini, mimin akan membagikan beberapa tips jitu manajemen waktu ibu rumah tangga untuk calon ibu ataupun para ibu yang saat ini lagi butuh banget pencerahan bagaimana memulai atau memperbaiki manajemen waktu ibu rumah tangga.

Yuk simak tips manajemen waktu ibu rumah tangga berikut ini!

1. Menentukan Jadwal Setiap Pekerjaan Rumah

Jadwal boleh saja di ingat di kepala ataupun di catat dengan rapi supaya nggak berceceran dan hilang. Jadwal akan sangat membantu men-sortir tugas yang harus dikerjakan pertama di pagi hari sampai hal yang harus dilakukan menjelang malam. List pekerjaan membuat aktivitas tersusun dan dikerjakan tepat waktu.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat sarapan sekaligus memastikan kebutuhan anak sekolah dan kerja suami, sehingga sarapan suskes dibuat dan kebutuhan keluarga tidak ada yang terlewatkan. Sehingga nantinya ibu nggak buang tenaga secara percuma untuk hal yang bisa dikerjakan setelah anak-anak dan suami berangkat.

Dengan menentukan jadwal dalam manajemen waktu ibu rumah tangga juga dapat meminimalisir ibu, untuk menunda-nunda pekerjaan. Karena jadwal sudah ditetapkan jadi ada sesuatu yang harus dikerjaan dengan segera. Bisa jadi jadwal tidak secara sempurna dilakukan. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena nggak ada pekerjaan yang sempurna, lho. Tapi dengan adanya jadwal kita bisa taruh pekerjaan yang tertunda atau belum terselesaikan untuk dilakukan dikemudian hari. Asal jangan keseringan ya, bu, nunda-nundanya. Jadwal bisa jadi kacau balau tuh, hehe.

2. Fokus Dengan Apa yang Dilakukan

Sudah buat jadwal kok masih keteteran? Bisa jadi ada beberapa hal penting yang nggak sengaja terlewati. Misal, saat mau masak ternyata ada beberapa bahan yang mau di olah nggak tersedia. Masak jadi tertunda untuk beli bahan dulu. Jadi ada dua pekerjaan deh, masak dan beli bahan masak. Ibu-ibu memang multitasking sih, tapi fokus masak dengan mix and match bahan yang tersedia bisa membuat ibu lebih fokus dalam memasak. Waktu jadi lebih efisien dan pekerjaan lebih cepat selesai.

3. Kerja Terampil

cara mengatur waktu ibu rumah tangga
cara mengatur waktu ibu rumah tangga

Multitasking atau dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu merupakan sihir terampuh seorang ibu dalam berumah tangga. Biasanya cucian di rendam dengan pewangi pakaian selama 15-20 menit. Menunggu bisa jadi sangat membosankan, namun saat menunggu ibu bisa merapikan kulkas yang jarang sekali dibersihkan atau menata susunan produk yang ada di kamar mandi sehingga tampilan kamar mandi terasa lebih nyaman dan enak dipandang. Istirahat saat menunggu suatu pekerjaan memang sangat menggiurkan, tetapi membuat rumah terasa nyaman juga penting dan dapat menyegarkan pikiran.

Dalam manajemen waktu ibu rumah tangga, kerja terampil juga bisa digunakan dengan menghemat tenaga. Apa saja tenaga yang bisa di hemat?

  • Keperluan Dapur

Saat waktu senggang pergi ke pasar atau supermarket, sisihkan waktu untuk belanja persedian bahan dapur. Bahan dapur yang tahan lama, bisa disusun sesuai kebutuhan dan diolah telebih dahulu. Seperti stock bawang merah dan putih bisa dikupas semuanya terlebih dahulu, sehingga saat memasak bawang sudah siap untuk dituang kedalam adonan masak.

  • Baju

Ibu bisa menghemat tenaga dengan menyusun pakaian sesuai jenis baju saat mengangkat jemuran. Jadi ketika menyetrika, baju sudah tersusun rapi sesuai urutan. Baju rumah atau kain besar seperti handuk dan sprei, dapat menjadi dasar untuk menyetrika, sehingga pakaian kantor dan keluar rumah menjadi prioritas. Dengan begitu, pakaian dan kain yang menjadi dasar untuk menyetrika, bisa dilipat dengan tangan tanpa harus mengangkat setrika dan bisa menghemat listrik.

Mengurus rumah terus, kapan me-time untuk ibu rumah tangga?

Menyegarkan pikiran dan memiliki hiburan adalah hak ibu. Sudah kerja keras mengurus ini itu, punya waktu untuk memberikan awards kepada diri sendiri pasti sangat mengasyikan. Hiburan tersebut sangat sesuai dengan selera ibu, jika senang berlibur ajaklah keluarga ke tempat yang diinginkan di waktu yang tepat.

Dengan liburan, keluarga bisa mendekatkan diri satu sama lain dan pastinya melepas penat. Hiburan juga bisa dilakukan di rumah dengan menonton film sendiri maupun bersama keluarga, melakukan hobi juga bisa menjadi hiburan tersendiri. Merawat diri juga bisa kerap kali membuat hati senang, meluangkan waktu untuk menggunakan masker atau pergi bersama kerabat untuk melakukan spa!

Itu dia beberapa tips manajemen waktu ibu rumah tangga dari mimin. Semoga bermafaat dan dapat diterapkan dengan mudah dan menyenangkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.