9 Syarat dan Cara Agar Lamaran Kita Diterima Oleh Google Adsense
9 Syarat dan Cara Agar Lamaran Kita Diterima Oleh Google Adsense

Cintamu Ditolak Google Adsense? Baca Dulu Nih 9 Syarat dan Cara Agar Diterima Mudah Oleh Google Adsense !

Posted on

BangunTidur.com – Ditolak google adsense udah jadi lagu lama atau hal biasa buat para blogger, jangan sedih untuk para blogger yang baru saja memulai karirnya di dunia adsense. Para blogger proffesional juga nggak selalu kok mendapatkan jawaban manis dari google adsense, jaman sekarang google adsense seleranya mulai tinggi terhadap blogger jadi siapin aja dirimu dan baca cara mudah diterima google adsense.

Menjadi partisipan di google adsense cukup susah juga karena google adsense memiliki kriteria yang cukup tinggi untuk kita, sii adsense ini punya tujuan untuk memasarkan iklan di blog kita tanpa mengakibatkan hal negatif di blog kita.

Kita sebagai partisipan adsense atau penyedia tempat iklan juga nggak bisa seenaknya minta adsense untuk memasang iklan di website kita, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi untuk bisa diterima cintanya oleh google adsense.

Sebelumnya Kita Bahas Dulu Apa Itu Google Adsense

cara kerja adsense dan cara diterima mudah google adsense
cara kerja adsense dan cara diterima mudah google adsense

Google Adsense adalah salah satu cabang usaha dari google yang menyebarkan iklan di internet. Dimana google adsense memasang iklannya? Yaa di website kita yang ramai dengan pengunjung. Darimana iklan adsense ini berasal? Yaa dari orang yang beriklan di google adwords, mimin kasih alurnya:

Orang pasang iklan di adwords -> diterima oleh google -> disebarkan oleh google adsense -> dipasang di website kita

Apa keuntungan buat kita yang menyediakan tempat iklan untuk adsense? Kita bisa depet uang dari adsense ini, setiap klik dari pengunjung yang datang dari website kita akan menghasilkan uang ntah berapa itu. Sejak ada adsense ini banyak orang mulai berlomba untuk menulis di internet agar google mau memasang iklan di website mereka.

Tapi google juga pintar, dia nggak semudah itu menerima lamaran website kita, google ini orangnya berkelas banget dan ada banyak kriteria yang harus dipenuhi buat kita menjadi partisipan google adsense.

Syarat Diterima Google Adsense Dalam Sekali Lamaran

Ngelamar google adsense hampir sama kaya kita mau nikah, ada beberapa hal yang harus dilakukan biar mertua google adsense ini mau nerima kita, berikut beberapa yang harus dipenuhi:

1. Keunikan Konten atau Artikel Kita

Maksutnya gimana dari keunikan konten kita? Jadi pihak google bisa menilai apakah artikel kita itu tiru-tiru website lain ataukah kita membuat sendiri dengan usaha sendiri.

Google sangat membenci artikel duplikat atau artikel yang nggak bermutu, google ingin orang yang datang ke websitemu itu adalah orang yang benar-benar mencari informasi dari artikelmu. Menjadi plagiatpun google akan tahu, kita sekedar meniru tulisan bukan menconteknya, sekedar meniru pun google akan tahu.

Jadi konten atau artikel yang kita upload ke website kita harus benar-benar unik seunik mungkin, setelah ini dilakukan kita akan mendapatkan kemungkinan yang lebih besar untuk diterima cintanya oleh google adsense.

Gimana untuk jumlah minimal artikel yang di-Upload? Sebenarnya pihak google nggak menyebutkan itu dalam persyaratannya, tapi usahakan aja kita sudah memiliki website dengan minimal artikel 30-an lah jadi blog kita kelihatan sedikit lebih rapi dan lebih mudah untuk meyakinkan si google adsense.

Selain konten kita yang unik, kita juga harus memenuhi aturan gambar yang harus dipenuhi agar lebih mudah diterima oleh google adasense.

• Aturan Gambar

Usahakan jangan suka menaruh gambar berlebihan, kita harus memperhatikan berapa gambar yang kita masukkan dalam satu artikel kita, jika memang ditujukan untuk membaca maka kita harus kurangi penggunaan gambar yang berlebihan.

Aturan kedua adalah jangan menggunakan gambar flash atau gif, karena itu akan memberatkan dan google adsense dengan mudah akan menolak cinta kita.

2. Deskripsi dan Niche Blog

Kamu harus menentukan niche dari blog yang kamu buat, misalkan kamu buat blog tentang kehamilan, maka semua artikel yang kamu cantumkan disitu hanya berisi tentang kehamilan, ibu hamil, atau apapun yang kamu inginkan.

Sedangkan kita juga perlu memperjelas tujuan dari niche blog kita melalui deskripsi blog, seperti contohnya ‘Blog Membaca Informasi Tentang Kehamilan’. Hal ini biasanya bisa ditemukan di bagia settings atau pengaturan dari suatu blog.

Saat kamu nggak jelas menentukan tipe blogmu dan tujuan blogmu, maka google akan keberatan untuk menerima lamaranmu, kamu bakalan nggak sesuai kriteria yang google mau.

3. Halaman atau Pages yang Wajib Ada di Suatu Blog

Kayanya ada sekitar 5 halaman yang harus ada jika kamu mau halamanmu di approve oleh google, coba kita ulas satu persatu dari halaman yang harus ada saat kita memberikan pengajuan lamaran ke google adsense:

• About Us atau Tentang Kami

Halaman pertama yang harus kamu buat adalah menjelaskan tentang kamu dan blogmu dengan membuat halaman About Us atau Tentang Kami, dengan ini kamu bisa menjelaskan ke pengunjung dan google tentang siapa kamu dan apa yang kamu cantumkan di blogmu.

• Contact Us atau Hubungi Kami

Buatlah satu halaman yang menjelaskan kepada google dan pengunjung untuk menghubungimu. Tentang apa yang harus dilakukan saat seorang individu ingin menghubungi kamu, hal ini bisa memudahkan juga dalam pelamaran ke google adsense.

• Disclaimer atau Pernyataan

Selanjutnya yang harus kita buat adalah halaman disclaimer atau pernyataan, hal ini biasanya bersangkutan dengan pertanggung-jawaban atas informasi yang kita sampaikan di blog kita. Biasanya berisi bahwa kita sebagai penulis blogger hanya membantu menyebarkan informasi dan tidak bertanggung jawab atas ketidaksesuaian dari hal yang dilakukan oleh para pembaca.

Hal ini juga akan memberikan kekebalan hukum terhadap kita, jadi ini adalah salah satu syarat adsense yang harus dilakukan di website atau blog kita yang masih baru.

• Privacy Policy

Halaman ke 4 yang harus dibuat adalah Privacy Policy, ini adalah halaman yang berisi tentang dokumen hukum dari pengelolaan website atau blog kita. Bagi penyedia tempat iklan seperti kita yang akan memasang di google adsense, ini adalah halaman yang wajib kita cantumkan karena google itu ketat dalam hukum.

• Sitemap atau Daftar Isi

Kita harus juga menjabarkan isi website kita dengan membuat halaman Sitemap agar lebih mudah dimengerti apa saja isi dari website kita.

• Halaman Advertisement atau Beriklan dengan Kami

Entah kenapa tapi kamu juga disarankan untuk membuat halaman tentang kerja sama, jadi jelaskan saja bagaimana cara ber-iklan di blogmu atau baca di sini untuk lebih jelasnya.

Cara Mudah Diterima Google Adsense

Nembak platform iklan yang satu ini emang nggak gampang, tapi bisa kok diatasin. Memang butuh sedikit usaha yang lebih, tapi percayalah bahwa kamu bisa. 🙂

4. Menu Website

Sebaiknya kita tidak mencantumkan menu dulu saat melakukan lamaran ke google adsense, karena hal ini bisa sedikit mengganggu. Kita taruh saja ‘home’ dan jika memang ingin memberikan menu, tampilkan aja 6 halaman yang harus kamu buat untuk google adsense diatas. Kita bisa memberikan menu setelah website kita diterima oleh google adsense.

5. Sabar Dalam Menunggu

Website baru langsung didaftarkan ke google adsense? Jangan pernah melakukan itu, lebih baik kita upload artikel dulu secara rutin lalu baru kita ajukan lamaran ke google adsense.

Website atau Blog yang belum cukup umur akan dianggap anak kecil oleh google adsense, jadi lebih kita tunggu sedikit lebih dewasa untuk bisa diterima di oleh pihak google. Ngelihat anak kecil berduaan nggak banget kan? Lebih baik kita tunggu aja sampai dewasa baru langsung ajukan lamaran ke calon pasangan hidupmu.

Berapa umur minimal untuk menikah dengan google adsense? Menurut yang disebutkan di kebanyakan website di internet adlah minimal 6 bulan, jadi bersabar dulu yuk. 🙂

6. Belum Bikin Tanda Penduduk Sudah Mau Ngelamar?

Jika warga Indonesia memiliki KTP atau Kartu Tanda Penduduk, maka google punya Webmaster Tool. Jadi website atau blog kita harus sudah menjadi penduduk google dulu baru bisa didaftarkan ke adsense, maka dari itu kita harus mendaftarkan website dan blog kita ke google webmaster tool.

Tool ini akan membuat website kita mudah terbaca oleh google dan membuat google mengerti dengan lancar dimana letak kesalahan yang ada pada website kita. Webmaster tool ini juga membantu bagaimana susunan website kita dan banyak informasi lainnya, yang jelas lakukan ini sebelum melamar google adsense.

Setelah mendaftarkan ke google webmaster tool, ada satu lagi yang harus kamu lakukan.

• Pastikan Websitemu Ter-Index di Google

Gimana bisa kamu mau kerjasama dengan google kalau kamu sendiri belum ada di daftar penduduk google? Maka dari itu buat websitemu segera ter-index di google agar mudah diterima adsense. Setiap artikel atau halaman yang kamu buat, harus kamu daftarkan ke google lewat webmaster tool ini.

7. Ber-Iklan ke Tempat Sepi, Siapa yang Mau?

Pengunjung atau visitor blog termasuk satu kriteria yang kamu harus perhatikan. Memangnya google mau ber-iklan ke website atau blog yang nggak ada pengunjungnya? Yaa nggak mau lah pasti, google juga cari duit dong, maka dari itu pastikan blogmu punya pengunjung yang cukup untuk adsense ini.

Nggak ada aturan inimal untuk pengunjungnya, yang jelas kalau menurutmu sudah cukup untuk didaftarkan ke google adsense, yaa silahkan daftarkan aja. 🙂

8. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Outbound Link

Di blog kesayangan kita yang akan dilamarkan ke google adsense, jangan terlalu banyak menggunakan link keluar yang nggak bermutu. Boleh lah mencantumkan beberapa sumber tapi jangan sampai kebanyakan, apalagi sampai terlihat nggilani.

Jika memasang link yang relevan dari artikel kita misalkan terhadap google atau ke wikipedia, maka itu akan sangat dibolehkan dan hal ini akan membantu google untuk emncari tahu tema apa yang terdapat di artikel kita ini.

Yang jelas jangan pernah menaruh terlalu banyak link keluar, nanti bisa juga kena pelanggaran menurut google.

9. Hindari Larangan dan Baca TOS Adsense

Ada sekitar 15 aturan yang harus dipatuhi agar bisa diterima google adsense, bisa baca selengkapnya di panduan pemula google.

Gimana? Gampang kan beriklan di google adsense? Tanpa nanti tanpa tapi, langsung aja kita bikin blog kita dan segera mulai iklan di adsense 🙂

Kalau ada yang mau dibahas atau ditanyakan, bisa kok disampaikan di kolom komentar. Nanti mimin bakal usahain bales, satu lagi jangan mudah sedih kalau ditolak google adsense 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.